Jumat, 28 Februari 2014

Genre Game yang Bermanfaat Bagi Pendidikan

Game bisa dikatakan oleh semua orang bahwa game itu virus yang bisa melanda anak-anak hingga kalangan dewasa karena terbius oleh rasa penasaran dan keasyikan dalam bermain game. Namun terlepas dari itu, dibalik game terdapat suatu pendidikan maya yang bisa diimplikasikan ke dalam kehidupan nyata.
Game zaman dulu, yaitu bisa dikatakan zaman tetris dan pac-man merupakan game yang masih sederhana, namun seiring dengan berjalanya waktu, perkembangan game sangat cepat. Sekarang banyak bermunculan game-game yang memiliki hampir kemiripan kenyataanya baik itu dari segi grafik dengan game-play.
Disini akan dikelompokan game dalam beberapa genre. Tentunya setiap genre memiliki dampak kelebihan dan kekurangan bagi setiap orang yang memainkanya.
Action / Fighting
Game action tidak terlepas dari unsur kekerasan sekecil apapun, akan tetapi game yang bernuansa action bisa kita ambil manfaatnya yaitu dari cerita. Game yang berceritakan bahwa jagoanya membela kebenaran merupakan contoh bagi kita semua untuk membela kebenaran. Sedangkan game yang berceritakan bahwa jagoanya berandalan/ tidak taat peraturan maka selanjutnya bisa kita lihat apa yang akan terjadi ketika jagoan tersebut tidak disenangi oleh semua orang. Apabila dalam game action itu terdapat beberapa jenis jurus beladiri maka secara kasat mata kita akan belajar beladiri dari game tersebut.
Misalnya Game action yang bermanfaat adalah game Batman, Spiderman, James Bond, dll.
Misalnya Game fighting yang bermanfaat adalah King of Fighter, Tekken, Street Fighter, dll.
RPG
Salah satu genre game yang paling membutuhkan kemampuan analisis dan kesabaran kita adalah game RPG (Role Playing Game). Dalam setiap game RPG pasti setiap player mempunyai unsur ability yang terdiri dari kemampuan menyerang, bertahan, kekuatan, integelence, dll. Interaksi dalam game RPG merupakan Interaksi yang paling banyak. Jika kita tidak mengikuti atau tidak mengerti interaksi tersebut maka kesananya permainan akan tidak nyambung. Interaksi umumnya berbahasa Inggris, dari sinilah kita bisa mengambil apa yang didapatkan dari kosakata bahasa Inggris yang kita temukan dalam Interaksi. Biasanya interaksi tersebut ada dalam beberapa pilihan ketika interaksi dengan NPC jadi apabila kita memilih kata yang salah maka jalan cerita akan berbeda.
Game RPG yang bermanfaat adalah Final fantasy series, Fall out 3, Mass effect 2, dll.
FPS/TPS
Game FPS sekarang-sekarang ini mulai dicampurkan dengan beberapa genre. Genre ini merupakan genre yang sangat cocok untuk bermain perang atau membasmi hantu/ monster. Game Call of Duty misalnya, game ini berlatar belakang dari sejarah yang ada sebelumnya dan setelahnya. Secara tidak sadar, ketika kita mengikuti jalanya cerita kita bisa tahu bahwa zaman dulu atau zaman sekarang pasti akan begini jika terjadi perang. Tidak perlu repot-repot membaca buku sejarah Perang Dunia ke 2 bisa kita pahami hanya dengan bermain game perang ini.
Game FPS yang bermanfaat adalah Call of Duty series, Medal of Honor, Delta Force, dll.
RTS
Game yang memadukan Strategi dan Kenyataan ini merupakan game yang bisa menjadikan kita penguasa dunia. Strategi membangun pertahanan dan memulai penyerangan merupakan hal yang lazim dalam game RTS ini. Contohnya Game Age of Empires, ketika kita memulai permainan dengan membuat sebuah kota kemudian membuat sumber daya alam untuk keperluan kota secara langsung kita akan belajar berbagai unsur mulai dari ekonomi, politik, sejarah, dll. Ketika ekonomi kota sudah mumpuni, maka kita dapat mudah membangun fasilitas lainya. Membangun tempat hiburan untuk masayarakat kotanya, kemudian pasar, tempat beribadah dan lain-lain. Tentunya dengan membangun fasilitas tersebut bisa memakmurkan masyarakatnya.
Faktor sejarah dalam game ini adalah ketika kita membuat suatu pasukan militer dalam setiap negara pasti akan berbeda unitnya, misalnya Jepang terkenal dengan unit Kamikazenya sedangkan jerman terkenal dengan unit kapal selamnya. Dari situlah kita bisa mengambil pengetahuan bahwa setiap negara memiliki pasukan militer yang berbeda.
Game RTS yang bermanfaat adalah Comand and Conquer series,  Age of Empires, Stronghold Crusaders, dll.
Simulation/ Tycoon
Game The sims merupakan game simulation yang kompleks untuk mengetahui bagaimana setiap aktivitas manusia. Game ini mengajarkan kita bagaimana berkomunikasi dan bersosialisasi dan memperoleh ilmu untuk memikat pasangan. Manfaatnya kita yang agak canggung untuk berteman dan memikat pasangan maka dengan bermain ini ada kemungkinan bisa lebih PD.
Game tycoon seperti Hospital Tycoon dapat membantu kita untuk mengetahui bagaimana suatu kinerja rumah sakit dari mulai peneriman pasien, perekrutan dokter, suster, cleaning service, dll.
Selain itu Game Children of Nile juga  dapat membantu kita dalam pengenalan sejarah dengan memperlihatkan suasana pemerintahan Mesir zaman dahulu yang diterapkan dalam game. Dengan bermain itu secara tidak sengaja kita bisa mengetahui dewa-dewi Mesir.
Sport
Game yang dapat menambah wawasan dan pengalaman adalah game yang bertemakan olahraga. Contohnya game Soccer management macam Football Manager dan Championsip Manager. Kamu akan terbawa untuk menjadi pelatih/manajer. Dengan menjadi manajer kamu akan bisa mengetahui cara perekrutan pemain, penggajian, mencari sponsor, permasalahan pemain, dll. Ketika kamu memulai permainan kamu dituntut untuk menang dengan strategi dan taktik yang kamu jalankan. Karena banyaknya pemain dalam game tersebut kita bisa tahu pemain-pemain yang bagus, berbakat, bahakan tidak berbakat pun bisa kita ketahui.
Game racing merupakan game sport yang membawa kita untuk bisa mengerti untuk menjalankan suatu mesin, misalnya pada saat bermain game racing mobil secara langsung kita bisa melihat ada spedometer kecepatan mobil yang dikendarai. Selain itu kita juga dapat mengerti sistem mobil Automatik dan Manual.
Puzzle
Game ini merupakan game yang sangat membutuhkan kemampuan logika untuk memecahkan masalah. Biasanya game puzzle dibuat serumit mungkin untuk dipecahkan kerumitan tersebut.
Online/ Multiplayer
Game yang menambah kegiatan sosialiasi. Para orangtua sekarang menganggap  game sekarang memberikan dampak buruk bagi anak-anak karena cenderung individual dan susah bersosialisasi. Seiring dengan perkembangan zaman, game sekarang mulai berkembang dengan genre Online atau Multiplayer. Game seperti Ragnarok, RF, dll. Kita bisa mendapatkan teman yang sangat banyak. Secara tidak langsung kita bisa mengajak teman itu kapanpun untuk berjuang bersama untuk mendapatkan level yang kita inginkan.Dari sini mulai rasa saling membutuhkan sama lain.
Sebenarnya masih banyak genre game baru yang bermanfaat bagi kita, namun ane hanya bisa menjelaskan segini aja.
Jelas peran Game dalam pendidikan cukup bermanfaat. Orang tua yang bijaksana tentu tidak akan menganggap game sebagai suatu yang sangat negatif, jika kamu sudah dewasa tentu tahu kan mana game yang baik ditiru dan buruk ditiru!!! Intinya jika kita menganggap game sebagai suatu yang positif maka akan ada banyak hal yang berharga yang bisa kita dapatkan. Sudah seharusnya mungkin GAME harus masuk dalam EKSTRAKULIKULER SD,SMP,SMA bahkan Perguruan tinggi.
Mungkin perkembangan game di masa depan akan menjadi kenyataan layaknya Film GAMER… bagi yang udah nonton tau kan dengan game ini ???

Posting Komentar